STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN

Hukum yang mendasari standar pelayanan pendaftaran adalah sebagai berikut :
  1. Undang – Undang Republik Indonesia nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  2. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 001 Tahun 2012 tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan Perseorangan (berita Negara Republik   Indonesia   Tahun   2013 Nomor 122)
  3. Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat
  4. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis
Komponen standar yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan
NO. KOMPONEN URAIAN
1. Persyaratan pelayanan Pasien membawa:
  1. Kartu identitas : KTP / KK / Kartu BPJS (pasien baru)
  2. Kartu Berobat dan KTP / KK/ Kartu BPJS (pasien lama)
2. Sistem, mekanisme dan prosedur
  • Pendaftaran Onsite
  1. Petugas FO menyediakan kota penyimpanan untuk meletakkan kartu identitas pasien di meja depan
  2. Petugas FO mengambil kartu dan memanggil nama berdasarkan kartu identitas tersebut.
  3. Petugas FO menanyakan siapa yang akan periksa dan keluhan pasien untuk mendapatkan nomer antrian sesuai dengan poli yang dituju
  4. Petugas pendaftaran memanggil nomer antrian sesuai urutan kedatangan
  5. Petugas pendaftaran menanyakan pada pasien yang datang apakah sudah pernah berobat, jika pernah berarti pasien lama dan jika belum berarti pasien baru
  6. Petugas pendaftaran merekap identitas pasien untuk di data sesuai kebutuhan
  7. Petugas pendaftaran memberikan general consent untuk dibaca dan di tanda tangani kepada pasien baru
  8. Petugas pendaftaran memberikan kartu berobat untuk pemeriksaan selanjutnya kepada pasien baru
  9. Petugas pendaftaran mengecek cara bayar pasien melalui NIK yang tertera di kartu identitas pasien
  10. Petugas pendaftaran mengarahkan pasien untuk menunggu di ruang tunggu sesuai dengan poli yang dituju
  • Pendaftaran Online
  1. Petugas Front Office (FO) menyarankan pasien untuk mendownload aplikasi Mobile JKN di playstore.
  2. Setelah itu petugas FO mengarahkan untuk melakukan registrasi aplikasi Mobile JKN.
  3. Petugas FO mengarahkan pasien untuk mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN.
  4. Petugas FO mengarahkan pasien ke loket pendaftaran untuk konfirmasi kedatangan.
  5. Petugas pendaftaran memvalidasi data pasien dan mengarahkan pasien menuju poliklinik yang dituju.
  6. Petugas pendaftaran mengarahkan pasien untuk menunggu di ruang tunggu sesuai dengan poli yang dituju
3. Jangka waktu penyelesaian
  1. Pasien Baru : ≤10 menit
  2. Pasien lama : ≤  5 menit
4. Biaya / tarif
  1. Pasien umum : Sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Pekalongan Nomor 8 Tahun 2023 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah 
  2. Pasien JKN : Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 tahun 2023 tentang Standar tarif pelayanan kesehatan dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan.
5. Produk pelayanan
  • Pendaftaran Pasien
  • Pelayanan Rekam Medis pasien
6. Penanganan pengaduan, saran dan masukan
  1. Whatsapp: 085754737264
  2. Email: puskesmastirto.kotapekalongan@gmail.com
  3. Instagram: uptpuskesmastirto
  4. Facebook: Pusk Tirto
  5. Telepon : (0285) 429236
  6. Kotak saran
  7. Wadul Aladin
  8. Langsung
7. Jam pelayanan pendaftaran
  1. Pelayanan Pagi
  • Senin – Kamis : 08.00 – 12.00 WIB
  • Jumat               : 08.00 – 10.00 WIB
  • Sabtu               : 08.00 – 11.00 WIB
  1. Pelayanan Sore 
  • Senin – Jumat : 14.30 – 20.00 WI
  • Sabtu               : 14.30 – 17.00 WIB